Laboratorium Ilmu Ukur Tanah

PROFIL LABORATORIUM ILMU UKUR TANAH

 

Laboratorium Ilmu Ukur Tanah berada di bawah naungan Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan Institut Teknologi PLN.  Tujuan utama didirikan Laboratorium Ilmu Ukur Tanah ini adalah untuk menunjang kegiatan akademik, seperti praktikum dan penelitian dalam rangka Tugas Akhir mahasiswa, penelitian dosen, dan pengabdian masyarakat. Oleh karena itu Laboratorium Ilmu Ukur Tanah memiliki Struktur Organisasi yang memuat pembagian tugas atau bagian-bagian tanggung jawab personil yang ada. Saat ini Laboratorium Ilmu Ukur Tanah telah memiliki peralatan yang cukup, laboran yang terampil serta tenaga ahli yang handal, sehingga selain dipergunakan untuk menunjang kegiatan akademik, juga memberikan konsultasi/jasa, supervise, evaluasi, pengukuran kontur, dan lain sebagainya. Selain itu kegiatan pelatihan, kerjasama, dan pengabdian masyarakat.Laboratorium Ilmu Ukur Tanah konsisten bergerak di bidangnya, yaitu dalam penyelesaian problem geoteknik.

Laboratorium Ilmu Ukur Tanah dalam melaksanakan praktikum dibantu oleh beberapa asisten yang merupakan mahasiswa aktif di semester empat atau lebih. Asisten di laboratorium Ilmu Ukur Tanah bertugas untuk membantu praktikan selama proses praktikum berlangsung. Mahasiswa yang menjadi asisten di laboratorium Ilmu Ukur Tanah dipilih melalui tahapan seleksi, dan kemudian diberi pembekalan untuk penyamaan persepsi sebelum melakukan tugasnya.

saat ini Kepala Laboratorium Ilmu Ukur Tanah diamanahkan kepada ibu Devita Mayasari, S.T., M.Eng. dan Laboran Laboratorium Ilmu Ukur Tanah diamanahkan kepada ibu Dwi Wulan Pane, S.T.

Laboratorium Ilmu Ukur Tanah saat ini melayani Praktikum Ilmu Ukur Tanah dimana terdapat 6 modul yang dilaksanakan yaitu :
1. Pengenalan Laboratorium
2. Pengenalan Alat
3. Leveling
4. Kontur
5. Sipat Datar
6. Poligon

Telp : - 

          - 

          - (021) 5440342 Ext : 2111
Email : [email protected]

31-05-2022
FTIK