Software Plaxis untuk Konsentrasi Geoteknik

PLAXIS adalah sebuah paket program yang disusun berdasarkan metode elemen hingga yang telah dikembangkan secara khusus untuk melakukan analisis deformasi dan stabilitas dalam bidang rekayasa geoteknik. Prosedur pembuatan model secara grafis yang mudah memungkinkan pembuatan suatu model elemen hingga yang rumit dapat dilakukan dengan cepat, sedangkan berbagai fasilitas yang tersedia dapat digunakan untuk menampilkan hasil komputasi secara mendetil. Proses perhitungannya sendiri sepenuhnya berjalan secara otomatis dan didasarkan pada prosedur numerik yang handal. Konsep ini memungkinkan para pemula untuk dapat menggunakan paket program ini hanya dengan mengikuti beberapa jam pelatihan saja.

PLAXIS 2D adalah program elemen hingga dua-dimensi, yang dikembangkan untuk analisis deformasi , stabilitas dan aliran air tanah dalam rekayasa geoteknik . PLAXIS 2D adalah bagian dari rangkaian produk-produk PLAXIS , paket program elemen hingga yang digunakan di seluruh dunia untuk desain dan rekayasa geoteknik.

Perkembangan PLAXIS dimulai pada tahun 1987 di Delft University of Technology sebagai inisiatif dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Pengelolaan Air (Rijkswaterstaat) Belanda. Tujuan semula adalah untuk mengembangkan kode elemen hingga 2D yang mudah digunakan untuk analisis tanggul sungai di tanah lunak dari dataran rendah Belanda. Dalam beberapa tahun berikutnya, PLAXIS telah diperluas untuk mencakup sebagian besar wilayah lain untuk rekayasa geoteknik. Karena aktifitas terus berkembang, perusahaan PLAXIS (Plaxis bv) dibentuk pada tahun 1993.

Pada tahun 1998, pertama kali PLAXIS 2D untuk Windows dirilis. Sementara itu kernel penghitungan untuk perhitungan 3D elemen hingga dikembangkan yang menghasilkan rilis program 3D Tunnel pada tahun 2001. 3D Foundation adalah program kedua dari PLAXIS tiga-dimensi, dan dikembangkan bekerjasama dengan TNO. Program 3D Foundation telah dirilis pada tahun 2004. Namun, baik dalam 3D Tunnel ataupun 3D Foundation tidak dimungkinkan untuk menentukan sembarang geometri 3D, karena keterbatasan geometris mereka. PLAXIS 3D adalah program PLAXIS tiga dimensi penuh yang menggabungkan antarmuka yang mudah digunakan dengan fasilitas pemodelan 3D penuh. Program PLAXIS 3D dirilis pada tahun 2010.

PLAXIS 2D adalah paket elemen hingga ditujukan untuk analisis dua dimensi deformasi dan stabilitas dalam rekayasa geoteknik. Hal ini dilengkapi dengan fitur untuk menangani berbagai aspek struktur geoteknik dan proses konstruksi menggunakan prosedur komputasi yang kuat dan secara teoritis suara.

Dengan PLAXIS 2D geometri model dapat dengan mudah didefinisikan dalam mode tanah dan struktur, setelah model padat independen secara otomatis dapat dipotong dan menyatu. Modus konstruksi dipentaskan memungkinkan untuk simulasi proses konstruksi dan penggalian dengan mengaktifkan dan menonaktifkan cluster tanah dan obyek struktural. Perhitungan kernel memungkinkan simulasi realistis dari linear, waktu perilaku non tergantung dan anisotropik tanah dan / atau rock. Karena tanah merupakan bahan multi-fase, prosedur khusus memungkinkan untuk perhitungan yang berhubungan dengan tekanan hidrostatik pori hidrostatik dan non dalam tanah. Output terdiri dari rangkaian lengkap dari alat visualisasi untuk memeriksa rincian model tanah-struktur 2D bawah tanah.

Aplikasi PLAXIS umum termasuk:

1. menilai pemindahan permukaan jalan selama pembangunan terowongan,

2. analisis konsolidasi tanggul,

3. pemindahan tanah di sekitar pit penggalian,

4. bendungan stabilitas selama tingkat air yang berbeda,

5. dan banyak lagi.

PLAXIS 2D merupakan program geoteknik user friendly menawarkan fleksibel dan interoperable geometri, simulasi realistis dari tahap konstruksi, perhitungan kernel kuat dan dapat diandalkan, dan pasca-pengolahan komprehensif dan rinci, sehingga solusi lengkap untuk desain geoteknik harian Anda dan analisis.

 

Sumber : Plaxis Versi 8 Manual Latihan

22-10-2020
FTIK